Jumat, 20 Januari 2012

Cara Setting Karburator Motor



Tugas utama karburator adalah mencampur Bahan Bakar (BB) + Udara (O2). Kira-kira dengan perbandingan range nya BB : O2 adl 1 : 13-15. Pokoknya gmn caranya biar mesin dapet suplai campuran segitu.

Kenapa pake range, padahal teori di buku2 pembakaran ideal itu 1:14?

Jwbannya adl Karena kondisi mesin & linkungan mempengaruhi settingan campuran BB:O2.


Misal:

Kompresi makin tinggi BERARTI mesin makin panas BERARTI butuh suplai BB lebih banyak biar mesin gak jebol.
Humidity (kelembaban) lingkungan makin tinggi BERARTI campuran BB terkontaminasi air, BERARTI campuran makin miskin, BERARTI bensin hrs lebih banyak.
Suhu lingkungan rendah BERARTI suhu kerja mesin turun BERARTI bensin harus dikurangi agar suhu kerja mesin jadi ideal.
Knalpot bobokan (Free flow) BERARTI rpm makin tinggi BERARTI suhu mesin meningkat BERARTI butuh BB makin tinggi.
Dan masih banyak lagi parameter yg harus diperhatiin termasuk desain lubang masuk pada blok yg b’pengaruh dg settingan spuyer sebagai penyalur BB.
Itu teori dasarnya.

Setting Karbu:

Karbu pny 2 spuyer :

Satu buah main jet (tuk NSR std ukurannya 130) yg berperan meyalurkan BB saat bukaan gas sekitar setengah putaran keatas
Satu buah pilot jet (NSR std ukurannya 45) yg berperan menyalurkan BB dari putaran gas 0 derajat sampe penuh, cm efek dari pilot jet ini bisa dikatakan tidak terlalu signifikan pada bukaan gas penuh N rpm mesin yg sudah tinggi.
Hal lain yg berpengaruh dengan setingan termasuk :

Ukuran Venturi karbu
Jarum skep
Stelan angin
Power jet.
Venturi karbu makin besar maka makin banyak udara yg lewat shg butuh spuyer lebih besar baik pilot atau main jetnya spy campuran bisa pas.

Trus kapan kita membesarkan ato mengecilkan spuyer2 tadi?

Sebelumnya hrs tahu dulu gejala2 mesin saat kekurangan BB dan kebanyakan BB:

1. “Ngempos” adalah gejala mesin spt kehilangan tenaga yg disebabkan kekurangan BB

2. “Mberebet” adl gejala mesin yg sebenernya dirasa padat cm tenaga seperti tertahan dan kadang dibarengi dengan suara benturan logam kalo settingannya terlalu basah.

Berarti kl NGEMPOS mesin butuh BB, kl BREBET mesin kebanyakan BB.

Kasus-Kasus

Nah berikut kasus2 yg sering terjadi krn masalah pilot jet :

Motor kl pagi susah hidup krn begitu gas dibuka ngempos terus mati ya berarti naekin pilot jet.
Motor dah jalan tapi sering tiba2 kehilangan tenaga saat putaran gas N putaran rendah berarti naekin pilot jet
Motor sering over heat saat jalan pelan berarti minta naek pilot jet
Motor brebet di putaran bawah tapi enak di put atas berarti pilot jet kebesaran.
Motor gak pake di cuk kl pagi N bisa langsung start
(ini jg gak normal) berarti pilot hrs turun.

Kesimpulannya, kl ada gejala ngempos,suhu tinggi diputaran yg relatif rendah maka minta naek pilot jet, N kl ada gejala brebet di put rendah jg maka pilot hrs turun.

Trus tuk kasus2 mainjet:

Mtr dibawa kebut2an sampe putaran atas trus begitu finish jalan pelan2 jadi ngempos dibarengi asep ngebul BERARTI suhu saat putaran tinggi meningkat drastis BERARTI main jet minta naik
Nafas motor di putaran atas terlalu panjang berarti mainjet minta naik.
Mtr ngelitik padahal yg lain normal BERARTI suhu mesin SANGAT TINGGI saat putaran atas BERARTI main jet minta naik.
Motor Brebet di put atas saja berarti main jet minta turun
dll
Kesimpulannya, jika mtr Brebet di put atas berarti main jet hrs turun, jika mtr suhunya tinggi di putaran atas berarti main jet minta naik.

Note:

Setiap ada perubahan ukuran spuyer wajib setting angin
Jangan berpatokan pada indikator suhu di dashboard tuk panduan setting krn pasti gak sesuai, ini butuh joki yg feelingnya dah kuat.
Adakalanya detonasi tdk bisa diobati dengan naekin spuyer jika detonasinya sudah parah. Ini berarti ada ketidaknormalan pada komponen mesin lainnya.

(http://konsultasimotor.blogspot.com/2008/11/cara-setting-karburator-motor.html)

Rabu, 18 Januari 2012

Daftar Alamat Toko Aksesoris Dan Bengkel Modif Motor Di Surabaya



1. PURI MOTOR
toko sparepart,aksesoris dan bengkel perbaikan motor klasik
Jl.pasar kembang75, Sby
031-5323727

2. BMW SLAMET
bengkel spesialis motor klasik
Jl.tidar162, Sby
031-5314337

3.TOKO HASIL
pusat perbelanjaan mur-baut
Jl.semarang 112, Sby
031-5453506

4. PLATINA MOTOR
sparepart original dan after market motor lawas serta baru
Jl.kertajaya no 16, Sby
031-5020141

5. ARVI SERVICE
segala perbaikan spido analog dan digital
Jl.undaan peneleh II/21, Sby
031-5480738

6. YUDHI MOTOR RACING CLUB
bengkel perbaikan motor,setel pelek jari dan palang,senter bodi
Jl.tidar 112, Sby
031-5490647,70382345

7. SUMBER LOGAM
toko aneka besi dan plat
Jl.raden saleh 25, Sby
031-5468079

8. CHANDRA MOTOR
toko perlengkapan motocross dan balap
Jl.tembok dukuh 134 Q (pertokoan kalibutuh indah), Sby
031-5453208

9. RAHARDJO DYNAMO REPAIR
bengkel perbaikan dinamo serta elektro motor
Jl.kalibutuh 179, Sby
031-5318598

10. AJBS
supermarket menjual peralatan teknik,mur-baut
Jl.ratna 14 Blok c-2, Sby
031-5452250 ext. 129-131

11. UD TIGA JAYA MOTOR
menjual Sparepart kawasaki dan motor antik lainya
Jl.embong malang 64 , Sby
031-5314918

12. IVAN CLASSIC
menjual berbagai onderdil motor klasic baru dan sekon
Jl.darmo satelit utara V blok FT-12A, Sby
031-7325116/081703398469

13. BRC/BOIRENG
bengkel spesialis honda,sport ,harian dan balap
Jl.kendangsari Gg.SD impres 99, Sby
031-8475658

14. UTAMA MOTOR
speedshop menjual part-part racing langka,outlet resmi produk daytona
Jl.urip sumoharjo 70, Sby
031-5316050 ,5343991

15. AUDI MOTOR
bengkel motor harian hingga gokart
Jl.balongsari tama 20. Sby
031-7410365

16. RAYYA PERKASA MOTOR
penjual perlengkapan motocross dan variasi motor
Jl.kalibutuh 131, Sby
031-5321539

17. GONYEK TIRTO
spesialis kaki-kaki dan elektrik serta multimedia motor
Alamat:tambak sari selatan VII/14, Sby
0818589734
08123020656
031-70925000

18. INDRAMAS MOTOR
spesialis aksesoris ninja 250 r
Seperti yoshimura exhaust system made in usa sampai filter KnN,dll
Jl.kedinding lor apel no 25
Gerbang kertasusila, Sby
08563102915
0851500057

19. UD SUMBER JADI MOTOR
Spare part n accesories motor, lengkap dan ,murah..
Jl Gogor VII no 38 Sby

MODIFIKASI MESIN :

1. KONI MOTOR
spesialis tune up harian dan dragbike
Jl.manukan bakti blok 20 no9 Sby
031-72077807

2. SAM MOTOR
bengkel spesialis motor 4tak
Jl.raya prapen panjang jiwo no5, Sby
031-70625226

3. MAHKOTA MOTOR
bengkel kondang hingga event dragbike nasional
Jl.banyuurip sidoarjo

4. MIHONG
spesialis bubut ,reamer dan bikin gigi rasio
Jl.dukuh kupang barat 1 no24, Sby
08158855554

5. JHOO
Speedshop dan tempat komunitas balap roadrace jawatimur
Jl.manyar sabrangan V/58A, Sby
031-5966101/
08165458696

6. WRM/WARRIOR MODIFIED
ahli bubut dan pembuat barang handmade custom
Jl.demak selatan IV/58, Sby
031-5327672

7. POEN MOTOR
bengkel motor harian dan tune up,untuk drag,trail dan adventure
Jl.barata jaya XIX /5B, Sby
031-5040863

8. SUBUR
bengkel kolter dan bubut motor harian serta balap
Jl.peneleh Gg.1 no 60, Sby
031-5352662

9. HOUTJE MOTOR
mekanik kondang jawatimur spesialis roadrace hingga kelas nasional
Jl.manyar sambongan 8, Sby
031-5011647

10. SHANG-X/BANGEK
spesialis kaki-kaki motor dan seting roadrace
Jl.mejoyo Gg.baru no.6, Sby
031-70735822

11. RAT SPEED
trima order mesin balap untuk roadrace dan upgrade untuk harian
Raya Bypass Juanda no1, Sby

MODIFIKASI TAMPILAN :

1. CAPRIN RACING
cutting stiker dan bodywork
Jl.gubeng kertajaya IIIa/4-6, Sby
031-5026888

2. TOKO CAT ARTOMORO
Jual Cat Duco, Cat Automotive / Mobil (NC, PU) melayani daerah Surabaya, Sidoarjo dan sekitarnya.
Jl. Kalijaten 41, Sepanjang, Sby

3. MULTI BERLIAN SUPERCANGGIH
bengkel modifan kaki-kaki,trail,hingga dragbike
Jl.tempurejo no 5 Sby
031-3810700

4. PT CAHAYA SELARAS LESTARI
krom dan pengecatan plastic serta fiber
Jl.kedung cowek 183, Sby
031-3768074, 3768470

5. MEDIA STICKERS
cuting stiker dan cuting art
Jl.undaan kulon 65, Sby
031-5345936, 70993399

6. AMBON CUSTOM
bengkel spesialis motor poser berikut pengecatan
Jl.nginden II/71, Sby
031-5923358

7. ARI KARYA MONEL
spesialis pembuat pernik-pernik berbahan monel atau stainles steel
Jl.raya semampir 61A, Sby
031-70335887, 081330123941

8. GA-OK AIRBRUSH SYSTEM
airbrusher spesialis realis
Jl.tenggilis mulya 6, Sby
031-8436269

9. BETTA STICKER
Jl.embong malang 72, Sby
031-5456926

10. AZ AIRBRUSH
airbrusher spesialis realis
Jl.bulak banteng wetan IV/41, Sby
031-77071065

VESPA:

1. GAMA MOTOR
spesialis aksesori,suku cadang dan perawatan vespa
Jl.indrapura 22A, Sby
031-3550288

2. SAMPURNA
spesialis axesori dan sukucadang vespa
Jl.ngaglik no 6, Sby
031-5341001

3. BERSAUDARA
bengkel restorasi mesin dan bodi vespa
Jl.menur II/1, Sby
085231078688

(http://dizmaz.wordpress.com/2011/05/01/daftar-alamat-toko-aksesoris-dan-bengkel-modif-motor-di-surabaya/)

Oli Pertamina Fastron Berhasil Menjelajah Lintas Benua


Italy - Pertamina patut berbangga dengan ketangguhan oli andalannya, Pertamina Fastron Gold. Soalnya, ujian ketangguhan yang ditempuh tidak tanggung-tanggung. Oli Pertamina Fastron diajak menjelajah lintas benua Asia dan Eropa.

Setelah 126 hari menjelajahi dua benua, Asia dan Eropa, mengendarai 4 mobil Toyota Fortuner keluaran terbaru dengan menggunakan pelumas Pertamina Fastron Gold SAE 5W-30 API SN, tim Pertamina Fastron Euro Asia Expedition berakhir di Roma, Italia, pada 20 Desember 2011 dengan kondisi kendaraan dan anggota tim yang sangat baik, padahal jarak yang ditempuh mencapai 27.000 Km.

Tim ekspedisi telah menempuh kawasan tropis Indonesia dan Malaysia, kawasan banjir di Thailand, gurun pasir Taklimakan di Xinjiang dan pegunungan bersalju sepanjang Kyrgiztan hingga Iran dengan suhu hingga minus 10 derajat celcius.

Selama perjalanan ini tim ekspedisi hanya 3 kali melakukan penggantian oli yaitu di Malaysia, China dan terakhir di Sofia, Bulgaria. Walau melalui beragam medan dan cuaca, hingga saat ini mesin mobil tetap mampu berjalan dengan baik.

Tantangan semakin tinggi manakala tim harus melintas dalam kondisi suhu ekstrem, tak jarang sampai di bawah nol derajat celcius. Berkendara selama lebih dari 22 jam dari Kota Kashgar, Cina menuju ibu kota Kyrgyzstan, Bishkek, tim merasakan suhu minus 10 derajat celcius dan berkendara hampir 100 km di jalan yang beralaskan salju tebal dan gunung yang diselimuti salju.

Namun semua itu berhasil dihadapi dan dilalui dan sukses melintasi 23 negara dengan menyentuh titik akhir perjalanan di Roma pada pukul 14.50 waktu setempat.

"Prestasi ini merupakan pencapaian anak bangsa yang pertama kali dalam melakukan penjelajahan melalui perjalanan darat lintas benua, lintas budaya dan lintas tantangan. Dengan menggunakan produk bangsa Indonesia sendiri dan sekaligus merupakan pembuktian kualitas produk anak bangsa dalam hal ini salah satunya adalah pelumas Pertamina Fastron Gold," ujar Direktur Utama PT.Pertamina (Persero)Karen Agustiawan.

Pertamina Fastron merupakan pelumas Synthetic Pertamina yang tersedia dalam berbagai macam jenis varian sesuai dengan karakteristik kekentalannya. Ekspedisi ini sendiri merupakan ajang pembuktian keandalan produk Pertamina Fastron dalam menempuh berbagai medan.

Sukses tim ekspedisi merampungkan perjalanan menjadi pembuktian ketangguhan produk Indonesia salah satunya adalah Pertamina Fastron Gold dan menjadi pembuktian bagi anak bangsa mampu melewati semua tantangan. Satu tekad dan satu tujuan demi mengharumkan nama Indonesia merupakan kunci utamanya.

(http://www.detiknews.com/read/2012/01/16/100803/1816230/727/oli-pertamina-fastron-berhasil-menjelajah-lintas-benua?9922022)

Harga Spare Part Honda Tiger


Harga Spare Part Honda Tiger Terbaru Bulan ini. Harga Spare Part Honda Tiger resmi untuk semua sparepart . harga suku cadang berikut merupakan Harga Eceran Tertinggi Honda Genuine Parts dijaringan resmi Honda. Harga Spare Part Honda Tiger berikut bisa sebagai referensi untuk anda sebelum mengganti onderdil honda tiger anda. Pastikan sparepart motor honda new tiger 2000 anda adalah sparepart ASLI honda




Harga Spare Part Honda New Tiger 2012 Harga Spare Part Honda Tiger

Merk & Type Spec Price (IDR)
Honda Tiger 2000 Kampas Rem Depan (Disk)-Lokal 37.000
Honda Tiger 2000 Kampas Rem Depan (Disk)-Import 76.000
Honda Tiger 2000 Kampas Rem Belakang 30.000
Honda Tiger 2000 Kampas Kopling Set 100.000
Honda Tiger 2000 Saringan Udara 54.000
Honda Tiger 2000 Rantai Roda Set 765.000
Honda Tiger 2000 Sproket Depan 40.000
Honda Tiger 2000 Sproket Belakang 125.000
Honda Tiger 2000 Piston 154.000
Honda Tiger 2000 Ring Piston 197.000
Honda Tiger 2000 Kabel Gas 67.000
Honda Tiger 2000 Kabel Kopling 27.000
Honda Tiger 2000 CDI 410.000
Honda Tiger 2000 Bohlam Lampu Depan 114.000
Honda Tiger 2000 Bohlam Lampu Belakang 8.000
Honda Tiger 2000 Sokbreker Depan Kiri 530.000
Honda Tiger 2000 Sokbreker Depan Kanan 530.000
Honda Tiger 2000 Sokbreker Belakang 494.000

Update Harga Spare Part Honda Tiger dilakukan perbulan . Semoga informasi Harga Spare Part Honda Tiger ini bermanfaat untuk anda .

(http://idemodifikasimotor.com/harga-spare-part-honda-tiger-bulan-ini.html)

Senin, 14 November 2011

Toyota Kijang Inova The Theater

JAKARTA - Takut dianggap sebagai pengikut, Prawira Harja tidak pernah berencana mengubah tampilan Toyota Kijang Innova miliknya, seperti yang sudah banyak diterapkan para pemain modifikasi lain di kota kelahirannya, Surabaya, Jatim. "Don't be follower! Itu lah moto hidup saya," kata Wira sapaannya.

Tingkat kesulitan bukan semata-mata dijadikan acuan dalam memodifikasi tampilan besutan hariannya itu, namun lebih kepada unsur kreatifitas yang tidak mudah ditiru pemain baru maupun rival di kelasnya. Dibuktikan dengan modifikasi pada pintu kabin tengah Innova kelir putih mutiara ini, pakai sistem buka-tutup secara motorized. Dua buah kompresor sebagai sumber tenaga penggeraknya, selain diandalkan buat membuka-tutup pintu tengah, juga digunakan buat menarik layar TV LCD dari tempat persembunyiannya masing-masing.

Sebagai pembatas kabin tengah dan depan, terpasang semacam partisi yang juga sebagai boks speaker dan subwoofer. Kotak besar terbuat dari papan MDF yang dibalut dempul ini, sekaligus difungsikan buat rumah LCD 32 inci. Sistem naik-turun layar TV lebar ini sepenuhnya digerakkan motorized yang terletak di sela-sela boks subwoofer di kabin belakang.

Penggarapan sistem motorized yang sangat rapi ini, hasil karya Albert dari rumah modifikasi Automaxx di Surabaya, Jatim. "Garapannya sudah terkenal bagus, dan dia terkenal sebagai modifikator aliran motorized ekstrem," jelas wiraswasta muda ini.

Secara keseluruhan, ubahan yang dilakukan Wira mengusung konsep elegant. Namun begitu, detil modifikasi yang menerapkan sistem motorized pada kedua pintu tengahnya, jelas menunjukkan satu kreasi yang belum dilakoni pesaing di kelasnya. Terlebih lagi mobil sebagai basic modifikasinya berbasis MPV, yang identik dengan kesan family car dan bukan buat jor-joran.Inovasi dan kreasi yang disodorkan Wira ini pantas diganjar dengan prestasi gemilang. Terbukti saat event Accelera Auto Contest 2011 di kota Yogyakarta, Jateng beberapa waktu lalu. Ia mewakili klub Option Platinum Surabaya, berhasil keluar sebagai The King Elegant sekaligus The Ultimate Elegant. Mantap!

Car Theater
Kabin belakang Toyota Kijang Innova ini tidak disisakan sedikit pun buat angkut barang. Lantaran semua sisi panel termasuk lantai, dijadikan boks tempat dudukan speaker dan subwoofer.

Tema car theater diusung demi menyempurnakan tampilan kabin yang sudah bergaya elegan nan mewah itu. Penempatan LCD monitor 19 inci dirancang secara motorized, menggunakan semacam partisi buat dudukan sekaligus pembatas antara kabin tengah dan belakang.Penataan komponen didesain sedemikian rupa demi menciptakan unsur estetika dan hiburan. Seperti posisi power amplifier yang dibikin menyilang di panel samping dan tengah, namun tak menghalangi tampilan layar TV saat memutar film dari keping DVD.

Tata suara di kabin depan dan belakang juga dioptimalkan, guna menciptakan efek surround yang optimal dari sistem car theater ini. Speaker component di depan dimodali Focal 165V2, lantaran sanggup menciptakan reproduksi sound dengan power handling paling maksimal.
Sementara penyuplai nada low memakai subwoofer Crossfire DB310 sebanyak dua buah, dengan posisi free air untuk menciptakan efek dentuman lebih maksimal meski semua pintu terbuka lebar. (mobil.otomotifnet.com)

Kamis, 10 November 2011

Kata-kata Motivasi Mario Teguh


1.Kelemahan Anda hanyalah sementara, karena Anda sedang memperkuatnya; tetapi bila Anda jadikan alasan bagi kurang baiknya hasil, kelemahan itu menjadi permanen.

2.Apakah Anda sedang menunggu pekerjaan yang lebih baik, sebelum anda bekerja sungguh-sungguh? Apakah pekerjaan baik pantas bagi dia yang tidak sungguh-sungguh?

3.Bukan pertumbuhan yang lambat yang harus Anda takuti. Anda harus lebih takut untuk tidak tumbuh sama sekali. maka tumbuhkanlah diri Anda dengan kecepatan apapun.

4.Anda tidak harus ahli untuk mulai melakukan sesuatu, karena Anda membangun keahlian itu dari melakukannya. Jadi lakukanlah!

5.Kasih sayang adalah pembangun kasih sayang. Janganlah menuntut perhatian dan kasih sayang dari pasangan Anda, bila Anda tidak memulai yang Anda tuntut.

6.Anda bisa memberi tanpa mengasihi. Tetapi Anda tidak mungkin mengasihi tanpa memberi.

7.Mengerjakan yang lebih banyak daripada yang Anda terima, sebagai bayaran, akan membuat anda dibayar lebih banyak untuk yang Anda kerjakan.

8.Perubahan tidak menjamin tercapainya perbaikan, tetapi tidak ada perbaikan yang bisa dicapai tanpa perubahan. Maka bersikaplah ramah kepada perubahan.

9.Kepedihan di masa lalu itu terjadi satu kali. Jangan mengulanginya dalam pikiran dan perasaan, karena kepedihan itu akan mengganda dan melemahkan Anda.

10.Kita harus pandai bersyukur dan ikhlas menerima pemberian dan tidak mengeluh setelah menerima. Tetapi pastikanlah Anda berdiri di mana pemberian itu besar.

11.Orang berkualitas yang dibayar rendah, bagai emas yang diperlakukan seperti kuningan, karena penampilannya buruk. Maka hati-hatilah dengan penampilan Anda.

12.Anda tidak akan bisa menghindari keharusan untuk meniru. Maka menirulah, tetapi pastikan bahwa Anda sulit ditiru. Dengannya, Anda menjadi original.

13.Semakin banyak yang Anda inginkan, akan semakin banyak yang hanya tinggal jadi keinginan. Fokus pada satu keinginan memungkinkan pencapaian banyak keinginan.

Belajar Efektif



Belajar mendadak menjelang ujian memang tidak efektif. Paling nggak sebulan sebelum ulangan adalah masa ideal buat mengulang pelajaran. Materi yang banyak bukan masalah. Ada sepuluh cara pintar supaya waktu belajar kita menjadi efektif.


1. Belajar itu memahami bukan sekedar menghapal
Ya, fungsi utama kenapa kita harus belajar adalah memahami hal-hal baru. Kita boleh hapal 100% semua detail pelajaran, tapi yang lebih penting adalah apakah kita sudah mengerti betul dengan semua materi yang dihapal itu. Jadi sebelum menghapal, selalu usahakan untuk memahami dulu garis besar materi pelajaran.

2. Membaca adalah kunci belajar
Supaya kita bisa paham, minimal bacalah materi baru dua kali dalam sehari, yakni sebelum dan sesudah materi itu diterangkan oleh guru. Karena otak sudah mengolah materi tersebut sebanyak tiga kali jadi bisa dijamin bakal tersimpan cukup lama di otak kita.

3. Mencatat pokok-pokok pelajaran
Tinggalkan catatan pelajaran yang panjang. Ambil intisari atau kesimpulan dari setiap pelajaran yang sudah dibaca ulang. Kata-kata kunci inilah yang nanti berguna waktu kita mengulang pelajaran selama ujian.

4. Hapalkan kata-kata kunci
Kadang, mau tidak mau kita harus menghapal materi pelajaran yang lumayan banyak. Sebenarnya ini bisa disiasati. Buatlah kata-kata kunci dari setiap hapalan, supaya mudah diingat pada saat otak kita memanggilnya. Misal, kata kunci untuk nama-nama warna pelangi adalah MEJIKUHIBINIU, artinya merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila dan ungu.

5. Pilih waktu belajar yang tepat
Waktu belajar yang paling enak adalah pada saaat badan kita masih segar. Memang tidak semua orang punya waktu belajar enak yang sama lo. Tapi biasanya, pagi hari adalah waktu yang tepat untuk berkonsentrasi penuh. Gunakan saat ini untuk mengolah materi-materi baru. Sisa-sisa energi bisa digunakan untuk mengulang pelajaran dan mengerjakan pekerjaan rumah.

6. Bangun suasana belajar yang nyaman
Banyak hal yang bisa buat suasana belajar menjadi nyaman. Kita bisa pilih lagu yang sesuai dengan mood kita. Tempat belajar juga bisa kita sesuaikan. Kalau sedang bosan di kamar bisa di teras atau di perpustakaan. Kuncinya jangan sampai aktivitas belajar kita mengganggu dan terganggu oleh pihak lain.

7. Bentuk Kelompok Belajar
Kalau lagi bosan belajar sendiri, bisa belajar bareng dengan teman. Tidak usah banyak-banyak karena tidak bakal efektif, maksimal lima orang. Buat pembagian materi untuk dipelajari masing-masing orang. Kemudian setiap orang secara bergilir menerangkan materi yang dikuasainya itu ke seluruh anggota lainnya. Suasana belajar seperti ini biasanya seru dan kita dijamin bakalan susah untuk mengantuk.

8. Latih sendiri kemampuan kita
Sebenarnya kita bisa melatih sendiri kemampuan otak kita. Pada setiap akhir bab pelajaran, biasanya selalu diberikan soal-soal latihan. Tanpa perlu menunggu instruksi dari guru, coba jawab semua pertanyaan tersebut dan periksa sejauh mana kemampuan kita. Kalau materi jawaban tidak ada di buku, cobalah tanya ke guru.

9. Kembangkan materi yang sudah dipelajari
Kalau kita sudah mengulang materi dan menjawab semua soal latihan, jangan langsung tutup buku. Cobalah kita berpikir kritis ala ilmuwan. Buatlah beberapa pertanyaan yang belum disertakan dalam soal latihan. Minta tolong guru untuk menjawabnya. Kalau belum puas, cari jawabannya pada buku referensi lain atau internet. Cara ini mengajak kita untuk selalu berpikir ke depan dan kritis.

10. Sediakan waktu untuk istirahat
Belajar boleh kencang, tapi jangan lupa untuk istirahat. Kalau di kelas, setiap jeda pelajaran gunakan untuk melemaskan badan dan pikiran. Setiap 30-45 menit waktu belajar kita di rumah selalu selingi dengan istirahat. Kalau pikiran sudah suntuk, percuma saja memaksakan diri. Setelah istirahat, badan menjadi segar dan otak pun siap menerima materi baru.

Satu lagi, tujuan dari ulangan dan ujian adalah mengukur sejauh mana kemampuan kita untuk memahami materi pelajaran di sekolah. Selain menjawab soal-soal latihan, ada cara lain untuk mengetes apakah kita sudah paham suatu materi atau belum. Coba kita jelaskan dengan kata-kata sendiri setiap materi yang sudah dipelajari. Kalau kita bisa menerangkan dengan jelas dan teratur, tak perlu detail, berarti kita sudah paham.
 

ONEOTO Copyright © 2011 -- Template created by O Pregador -- Powered by Blogger